Wednesday, November 22, 2006

Road to IWIC

“Thomas, ini Isra dari Indosat. Selamat ya, Anda terpilih sebagai salah satu dari tiga finalis IWIC yang mewakili Jakarta dan sekitarnya,” demikian Isra Ruddin, PIC ( person in charge) IWIC wilayah Jakarta dan sekitarnya, mengawali percakapan per ponsel ketika gw lagi di kantor.

Saat itu gw ga langsung percaya. Gw bahkan sempat bertanya, “buktinya apa kalau Mas memang dari Indosat?” Tapi berhubung Isra nyerocos terus, akhirnya gw anggap saja dia memang benar. Intinya Isra mengucapkan selamat dan menyarankan agar gw segera mempersiapkan prototipe konsep yang gw usung. Saat itu pertengahan Oktober, menjelang libur Lebaran.

Apa itu Indosat Wireless Innovation Contest? Kalian bisa lihat di situs Indosat mengenai IWIC. Gw tau kontes ini dari iklan di KOMPAS hari Kamis, awal(?) September. Saat itu gw langsung tertarik dan gw simpan korannya. Tapi sayangnya korannya hilang (iklannya hanya ada di hari itu), sehingga gw sempat berpikir, “Ya sudah lah, mungkin bukan buat gw”.

Secara kebetulan, di akhir September gw datang ke Galeri Indosat di samping kantor. Gw mau bayar tagihan Matrix yang sudah telat (hehe.. kebiasaan). Pas gw lagi antri, eh, ternyata ada posternya! Buru-buru gw foto deh pake kamera di ponsel gw. Gw lihat tanggal deadline-nya.. Waks, tinggal beberapa hari lagi!

Sialnya lagi, berhubung gw super pelupa, sampai rumah gw malah sibuk mengurusi hal lain. Gw baru ingat kontes itu sehari (hari Minggu) sebelum deadline. Berhubung gw pernah kuliah, gw sudah berpengalaman menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalam). Alhasil gw selesai juga merangkai konsep, berupa presentasi Power Point. Saat pengumpulan naskah, sungguh, gw sama sekali ga berharap dipanggil. Lha, bikinnya aja semi-asal. Itu sebabnya gw agak curiga pertama kali Isra telpon. Tapi setelah telponnya ditutup, gw langsung lompat-lompat kegirangan (ini majas, tentu aja, gw ga mungkin melakukannya di kantor).

Libur Lebaran seminggu gw habiskan di Bandung bersama keluarga. Gw bela-belain bawa laptop supaya bisa buat prototipe yang diminta. Rencana gw waktu itu, tiga hari di Bandung cukup untuk menyelesaikan semuanya. Gw salah. Disana gw malah bisa dibilang ga bikin prototipe. Suasananya terlalu adem sehingga gw kebanyakan tidur daripada kerja!

Sepulang dari Bandung, gw buru-buru cari kos dekat kantor. Maksud gw, lagi-lagi, supaya gw bisa buat prototipe. Logika gw adalah, kalo gw kos, gw punya lebih banyak waktu untuk bikin prototipe, daripada waktu gw habis percuma di jalan. Logika ini ternyata ga berjalan sempurna karena alasan yang gw tulis di blog sebelumnya.

Anyway, despite the fact gw belepotan bikin prototipenya, the show must go on. Indosat mensyaratkan seluruh finalis (ada 17 dari seantero Indonesia) mengikuti karantina dari tanggal 13-16 November. Ini masalah buat gw. Pertama, gw baru dua bulan kerja di tempat yang baru. Gw masih pegawai percobaan! Kedua, gw lagi di tengah proyek kantor yang sudah dekat deadline.

Kedua hal itu pasti akan jadi penghalang utama gw ketika minta cuti. Dan itu memang terbukti, bos gw agak keberatan. Tapi entah kenapa, akhirnya gw diberikan ijin juga. Bagi yang penasaran, “kalau ternyata ga dikasih, bagaimana?” Jawaban gw sederhana, gw akan tetap ikut. I leave the reason for your exercise.

Nah, sekarang gw ingin cerita pengalaman gw selama dikarantina Indosat. Tapi.. gw mandi dulu ah, dari pagi belum mandi nih! Maklum, hari ini gw cuti kerja, gw kurang enak badan (malu ah cerita detilnya, cukup beberapa orang dekat saja yang tahu).

No comments:

Post a Comment

Looking for my geek side?